Bimbingan Skripsi Tesis Disertasi Unity | Pengembangan Shader dari Awal untuk Unity
Yang akan Anda pelajari
-
Gunakan Unity Shaderlab untuk membuat efek shadernya sendiri dengan CG/HLSL.
-
Menerapkan pengetahuan tentang matematika sederhana untuk mengubah permukaan visual benda maya.
-
Bekerja dengan simpul dan tekstur mesh untuk mengembangkan efek rendering yang unik.
-
Tunjukkan pengetahuan tentang alur grafis dan terapkan pada pemecahan masalah masalah bayangan.
Deskripsi
Kursus ini menyajikan panduan komprehensif untuk pemrograman dengan Cg dan Bahasa Shader di Shaderlab Unity, untuk membuat efek permukaan visual Anda sendiri untuk mewarnai dan menerangi objek permainan. Ini mencakup matematika cahaya dan permukaan dan memandu Anda dalam membuat ulang beberapa shader paling populer. Banyak konsep grafik komputer yang akan disajikan untuk membantu Anda memahami jalur grafis dan memberi Anda perangkat penting dalam pengetahuan rendering, yang akan membantu Anda mengembangkan shader transparan, animasi, dan bertekstur dalam waktu singkat.
Pelajari cara memprogram dan bekerja dengan:
- variabel dan array yang dikemas
- mesh, node dan UV
- matematika untuk bekerja dengan objek dalam ruang 3D dan 2D
- berbagai model pencahayaan mulai dari pembuatan objek datar berbayang hingga permukaan mengkilap yang sangat reflektif
- peta benjolan untuk menambahkan kedalaman dan dimensi ekstra pada tekstur permukaan
- efek khusus seperti holografik, tekstur bergulir, dan deformasi permukaan
- variasi buffer grafis yang digunakan dalam pipeline rendering
- pencahayaan maju dan tertunda
- shader permukaan, simpul, dan fragmen ditulis dalam CG/HLSL
- rendering volumetrik
Isi dan Ikhtisar
Setelah mendalami dan membuat shader pertama Anda dari awal, kita akan memulai pelajaran dengan mempelajari bagaimana model 3D disusun dan bagaimana model tersebut digunakan dalam kode shader untuk mewarnai dan menampilkan permukaan dalam grafik komputer. Anda akan menemukan semua properti shader dan bagaimana properti tersebut dapat dikontrol dalam kode dan melalui nilai yang dimasukkan melalui Unity’s Inspector.
Setelah ini, kita akan memeriksa berbagai model pencahayaan dan bagaimana cahaya dan tekstur permukaan dapat memengaruhi tampilan akhir render. Termasuk di sini, ikhtisar buffer yang terlibat dalam antrian rendering akan diberikan dengan contoh praktis untuk membuat efek khusus yang memerlukan lebih dari satu panggilan draw. Siswa juga akan dihadapkan pada kekuatan matematika vektor dan khususnya perkalian titik dan perannya dalam menciptakan efek indah seperti garis tepi, pencahayaan tepi, dan hologram. Selain itu, isu-isu seputar transparansi dan pencampuran akan dibahas bersama dengan banyak lokakarya praktis di mana siswa dapat mengembangkan keterampilan baru mereka untuk menginterogasi kode yang mereka tulis untuk pemahaman yang lebih baik.
Bagian selanjutnya menyatukan semua keterampilan yang dipelajari bersama-sama, untuk mengembangkan beberapa shader kompleks yang lebih populer termasuk plasma animasi dan animasi air dengan gelombang.
Terakhir, shader volumetrik tercakup di mana Anda akan mengikutinya untuk menciptakan efek khusus seperti geometri palsu, kabut, dan awan.
Untuk siapa kursus ini:
- Siapa pun terpesona dengan cara kerja grafik komputer.
- Siapa pun yang ingin memahami cara menulis shader mereka sendiri.
- Siapa pun yang menyukai efek visual yang dapat dicapai melalui kode sederhana dan matematika.